Friday, 14 June 2013

Bye Bye

Aloha!

This post is not really a goodbye post, it really isn't. I just want to tell you that (perhaps) I will disappear for some times, during my time to enter my new life of being collegian, something like that. I mean, during my migration to Yogjakarta. 

There is an awkward moment when people taught me want to go to study in Gajah Mada University, one of the favorite and the greatest university in Indonesia. Well, I used to plan it before, but now I change my mind. I wasn't very sure about that big popular university, cause... It just feels not right to go there. Quite surprising hu? When everybody dreams to be UGM's student, I prefer not to. Hahahaha. Yes. Funny.

So I take my back up plan, become the Sanata Dharma University's student and I am officially being part of it. Most of you probably don't know very well about this university. Sanata Dharma University is a Christian University, which is has been one of favorite university to all pupils who interest in literature, pharmacy, education, and many others. I heard that USD is the best university in Southeast Asia of whom interest in English education (I mean to be an English teacher). Yes, it does true. But I know that my skill is not very well in teaching, so I decided to take the English Literature. 

So instead of try hard to take SBMPTN and hope to get in public university, I choose to USD. Whether most of people underestimates private colleges, but appraise for the quota and accreditation itself, for me it's not a bad decision. But still, I never came to Jogja, and also never looked directly how USD is, I hope that this decision, somehow, will not disappoint me and be my best choice. 

I'm still keep dreaming of being part in UGM, so maybe I will continue my master in there. I hope :)

Maybe this is my last post in Tanjungpinang cause I don't know when I could come back. Don't worry, cause I will never give up in writing, so I can guarantee you that this blog would last forever. In the end, I will miss blogging so much!

Lastly, wish me luck! xoxo

Sunday, 9 June 2013

Stay, Rihanna feat Mikky Ekko

All along it was a fever
A cold sweat hot-headed believer
I threw my hands in the air I said show me something
He said, if you dare come a little closer

Round and around and around and around we go
Ohhh now tell me now tell me now tell me now you know

Not really sure how to feel about it
Something in the way you move
Makes me feel like I can't live without you
It takes me all the way
I want you to stay

It's not much of a life you're living
It's not just something you take, it's given
Round and around and around and around we go
Ohhh now tell me now tell me now tell me now you know

Not really sure how to feel about it
Something in the way you move
Makes me feel like I can't live without you
It takes me all the way
I want you to stay

Ohhh the reason I hold on
Ohhh cause I need this hole gone
Funny you're the broken one but i'm the only one who needed saving
Cause when you never see the lights it's hard to know which one of us is caving

Not really sure how to feel about it
Something in the way you move
Makes me feel like I can't live without you
It takes me all the way
I want you to stay, stay
I want you to stay, ohhh

With Your Love, Cher Lloyd


[Cher Lloyd]
Baby you the best 'cause you worked me out
I keep building walls up but you tear 'em down
I'm fighting I don't wanna like it but you know I like it
But you know I like it like it like it
Used to always think I was bullet proof
But you got an AK and you're blowing through
Explosive, you don't even know it, I want you to know it
I want you to know it know it know it
All of them other boys can walk away
They ain't even in the game
'Cause they know that you own it
You got this swag you got this attitude
Wanna hear you say my name
'Cause you got me

[Chorus]
Flying with your love, shining with your love, riding with your love
I feel like I'm on top of the world with your love
One hit with your love can't quit with your love so sick but so what
I feel like I'm on top of the world with your love

[Cher Lloyd]
Everybody wants what I got with you
'Cause I'm standing on top with a killer view
Inspired feeling like a million, I'm one in a million
I'm one in a million million million
I ain't even here I'm in outer space
Like I'm Venus your Mars in the Milky Way
It's crazy, what you're doing to me, how you do it to me
How you do it to me to me to me
All of them other boys can walk away
They ain't even in the game
'Cause they know that you own it
You got this swag you got this attitude
Wanna hear you say my name
'Cause you got me

[Chorus]
Flying with your love, shining with your love, riding with your love
I feel like I'm on top of the world with your love
One hit with your love can't quit with your love so sick but so what
I feel like I'm on top of the world with your love

[Mike Posner]
You got it yeah yeah you got it
I could slow it down speed it up how you want it girl all night long
And I don't even care if you sing my songs wrong
First date, first base; second date, second base;
Third date, you're looking at me funny, you got a hard shell but the middle's so yummy

'Cause you got me flying baby I'm shining baby I'm riding with your love
One hit baby I can't quit baby I'm so sick but so what
Flying baby I'm shining baby I'm riding with your love
One hit baby I can't quit baby I'm so sick but so what
(I'm on top of the world)

[Chorus]
Flying with your love, shining with your love, riding with your love
I feel like I'm on top of the world with your love
One hit with your love can't quit with your love so sick but so what
I feel like I'm on top of the world with your love

Swagger Jagger, Cher Lloyd

Swagger jagger, swagger jagger
You should get some of your own
Count that money, get your game up
Get your game up, get ya, get ya, game up

You can't stop looking me
Staring at me, be what I be
You can't stop looking at me
So get up out my face

You can't stop, clickin' at me
Writin' 'bout me, tweetin' 'bout me
I can't stop, it's what it gon' be
My swagger's in check

Get on the floor get, get, get on the floor
My swagger's in check
Get on the floor, get get get on the floor
I got it in check

Swagger jagger, swagger jagger
You should get some of your own
Count that money, get your game up
You're a hater, just let it go

Swagger jagger, swagger jagger
You should get some of your own
Count that money get your game up
Get your game up get your game up

You can't stop shoutin' at me
Callin' at me, be what I be
You can't stop looking at me
So get up out my way

You can't stop youtubin' me
On repeat, runnin' this beat
You can't stop, it's funny to me
I'm laughing all the way

Get on the floor get, get, get on the floor
My swagger's in check
Get on the floor get, get, get on the floor
I got it in check

Swagger jagger, swagger jagger
You should get some of your own
Count that money, get your game up
You're a hater, just let it go

Swagger jagger, swagger jagger
You should get some of your own
Count that money get your game up
Get your game up get your game up

Hi hater, kiss kiss, I see you later
Hi hater, it was very very very nice to meet ya

Get on the floor, get on the floor
Get on the floor, I got it in check
Get on the floor, get on the floor
My swagger's in check

Get on the floor, get on the floor
I got it in check

We Can't Stop, Miley Cyrus

It’s our party we can do what we want
It’s our party we can say what we want
It’s our party we can love who we want
We can kiss who we want
We can see who we want (2x)

Red cups and sweaty bodies everywhere
Hands in the air like we don’t care
Cause we came to have so much fun now
Got somebody here might get some now

If you’re not ready to go home
Can I get a hell no
Cause we gonna go all night
Till we see the sunlight alright

So la da di da di, we like to party
Dancing with Miley
Doing whatever we want
This is our house
This is our rules
And we can’t stop
And we won’t stop
Can’t you see it’s we who own the night
Can’t you see it we who bout’ that life
And we can’t stop
And we won’t stop
We run things, Things don’t run we
We don't take nothing from nobody

It’s our party we can do what we want
It’s our party we can say what we want
It’s our party we can love who we want
We can kiss who we want
We can see who we want

To my homegirls here with the big butts
Shaking it like we at a strip club
Remember only God can judge us
Forget the haters cause somebody loves ya
And everyone in line in the bathroom
Trying to get a line in the bathroom
We all so turnt up here
Getting turnt up yea yea

So la da di da di, we like to party
Dancing with Miley
Doing whatever we want
This is our house
This is our rules
And we can’t stop
And we won’t stop
Can’t you see it’s we who own the night
Can’t you see it we who bout’ that life
And we can’t stop
And we won’t stop
We run things
Things don’t run we
We don't take nothing from nobody

It’s our party we can do what we want
It’s our party we can say what we want
It’s our party we can love who we want
We can kiss who we want
We can see who we want

It’s our party we can do what we want to
It’s our house we can love who we want to
It’s our song we can sing if we want to
It’s my mouth I can say what I want to
Yea, Yea, Yeah

And we can’t stop
And we won’t stop
Can’t you see it’s we who own the night
Can’t you see it we who bout’ that life
And we can’t stop
And we won’t stop
We run things
Things don’t run we
We don't take nothing from nobody
Yea, Yea, Yea

Saturday, 1 June 2013

Otobiografi Soeharto

Untuk mengisi liburan panjang, gue mencoba untuk mengerjakan hal-hal yang berguna. Selain bantu-bantu mama di dapur *akhirnya bisa masak! yes!* dan bersih-bersih rumah, gue nyempetin untuk baca buku tebel. Maklum lah, gue calon anak sastra, jadi harus rajin-rajin baca buku. Ya walaupun faktanya gue paling males baca buku, hahaha. 

So, kemarin gue gak sengaja lihat buku Otobigrafi Soeharto di lemari buku bokap. Bekal penasaran sama siapa sih Soeharto sebenernya, gue akhirnya baca deh otobiografinya. Dan hasilnya, gue banyak dapet informasi yang sebelumnya gak pernah gue duga. Dan banyak juga wejangan-wejangan berupa nasihat dan pedoman hidup ala masyarakat Jawa dari beliau. 

Menurut cerita nyokap dan beberapa guru sewaktu gue SD dan SMP, Soeharto dikenal kejam dan diktator. Gak ada yang berani untuk menentang beliau. Bahkan banyak sastrawan yang ditangkap jika nulis macem-macem mengenai beliau. Gue nggak tau sih itu fakta bener apa kagak karena gue juga belum hidup di jaman segitu. 

Tapi setelah gue baca otobigrafinya, gue baru tau semuanya.

Beberapa fakta sejarah yang mungkin lo pada gak tau juga dijelaskan di buku ini. Nah, gue bakal jelasin nih beberapa fakta-fakta sejarah tersebut yang buat gue kaget juga.

Inget gak waktu Agresi Belanda 1? Itu adalah tragedi dimana Belanda menyerang Indonesia kembali yang sudah merdeka. Faktanya, reaksi dunia internasional amat besar disini. Pemerintah Syria memprotes keras tindakan kejam Belanda tersebut. India dan Autralia juga mengajukan permintaan kepada Dewas Keamanan PBB agar menyelesaikan masalah itu. Bahkan India, Pakistan, Muangthai melarang perusahaan penerbangan Belanda mendaratkan pesawat-pesawat mereka di negara-negara tersebut. Banyak pula mahasiswa-mahasiswa dan buruh pelabuhan Australia berdemonstrasi di depan gedung Kedutaan Besar Belanda. See? Ternyata bukan cuma kita aja yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia, tapi negara-negara lain juga berjuang menyelamatkan kita :)

Inget gak peristiwa G-30S PKI? Peristiwa yang nggak manusiawi itu menelan tujuh jenazah jenderal-jenderal besar. Dan lo tau gak kenapa jenderal-jenderal itu yang dibunuh? Jenderal-jenderal itu dibunuh karena mereka difitnah oleh para penghianat. Setelah membaca dengan seksama, sewaktu terjadinya peristiwa memilukan tersebut, Pak Soeharto yang memimpin Angkatan Darat tahu benar untuk jangan percaya begitu saja dengan orang, bahkan dengan teman dekat sendiri. Terjadi perbedaan pendapat pula antara Presiden Soekarno dan Soeharto, dimana Presiden Soekarno malah menganggap enteng peristiwa G-30S PKI itu. menurutnya, peristiwa itu hal yang biasa, een rimpeltje in de ocean (sebuah riak kecil di samudera)

Dan parahnya, sebelum Soeharto mengumumkan di radio bahwa dirinyalah yang memimpin keamanan Indonesia saat itu, beberapa penghianat telah datang ke tempat Presiden Soekarno dan membujuk Presiden Soekarno agar tidak mempercayai Soeharto. Tapi akhirnya, Presiden Soekarno tetap menyerahkan kendali keamanan kepada Soeharto dan menyuruh Soeharto untuk menuntaskan semuanya. Kebayang gak kalau saat itu Soekarno percaya pada para Penghianat itu? Bisa lebih gawat lagi keadaannya.

Perselisihan dan perbedaan pendapat Soeharto dan Presiden Soekarno bukan hanya disitu saja. Banyak terjadi pemberontakan yang dilakukan para mahasiswa di sejumlah daerah setelah peristiwa G-30S PKI berlalu. Para mahasiswa itu menuntut Presiden Soekarno untuk membubarkan PKI secepatnya. Disini mahasiswa banyak mendukung gerakan-gerakan Soeharto yang mendengarkan opini mahasiswa dan mengadakan kerjasama dengan para mahasiswa tersebut. Inilah yang mendukung terjadinya dualisme kepemimpinan pada saat itu.

Tapi Presiden menolak untuk menuruti kemauan mahasiswa. Presiden Soekarno merasa para mahasiswa tersebut sudah keterlaluan. Bahkan para mahasiswa juga membawa-bawa masalah pribadi Soekarno dalam berdemonstrasi, seperti menulis, "Stop impor istri" di spanduk mereka.

Kekacauan ini dikarenakan Presiden Soekarno yang menganut paham NASAKOM (Nasionalis, Agama, Komunis). Paham yang dipopulerkan Presiden Soekarno ini sudah terkenal di pelbagai penjuru dunia. Paham tersebut memang bertujuan untuk menyatukan Indonesia dan menentang imperialisme dan kolonialisme. Namun kenyataannya, paham tersebut berbanding terbalik dengan Pancasila. Bahkan banyak pihak yang berpikir bahwa ada kemungkinan Presiden Soekarno terlibat dalam G-30S PKI.

Membubarkan PKI menurut Soekarno, hanya akan mencoreng nama baiknya dari dunia internasional. Ya ngerti sih, PKI adalah gerakan komunis, dan Presiden Soekarno juga mendukung komunisme. Jika beliau menghapus PKI, itu seperti menjilat ludah sendiri, begitu.

Dilain pihak, Soeharto tetap berpendirian pada Pancasila. Beberapa kali Soeharto mencoba berunding dan membujuk Presiden Soekarno untuk menuruti keinginan mahasiswa agar tidak terjadi pergolakan yang berkepanjangan. Atas bantuan dari beberapa pihak, akhirnya Presiden Soekarno menyetujui gerakan Soeharto untuk memberantas PKI dengan mengeluarkan SUPERSEMAR.

Supersemar sendiri pun sebenarnya berisi tentang pemindahan kekuasaan keamanan yang awalnya dipegang oleh Presiden Soekarno yang kemudian diserahkan kepada Soeharto. Surat tersebut berisi agar Soeharto mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk mengamankan kestabilan pemerintahan serta menjamin keselamatan pribadi Presiden demi keutuhan bangsa.

Presiden Soekarno dikira hanya memikirkan dunia politik saja. Bapak revolusi itu memang sangat berambisi untuk menjadi tokoh dunia. Disisi lain, Soeharto dan para pejabat lainnya pusing memikirkan perekonomian yang saat itu sedang rusak-rusaknya.

Dari alasan-alasan itulah para menteri dan pejabat, bahkan MPR, membujuk Soeharto untuk menggantikan Presiden Soekarno. Dan lahirlah Orde baru yang dipimpim Presiden Soeharto.

Gue rasa cukup untuk bahas sejarahnya.Kini kita intip kehidupan pribadi Soeharto.

Banyak yang salah kaprah atas silsilah keluarga Soeharto. Awalnya, banyak yang beranggapan Soeharto lahir dan dibesarkan di keluarga ningrat. Padahal, Soeharto lahir dari keluarga yang sangat sederhana. Faktanya, Soeharto adalah korban dari perceraian orangtuanya. Ayahnya beberapa kali menikah sehingga Soeharto dibesarkan bersama kakak adik tirinya yang lain.

Soeharto dididik dengan kehidupan yang apa adanya. Beliau banyak menghabiskan waktunya di sawah dan membantu pamannya yang bekerja sebagai petani. Pantas saja, hingga Soeharto menjabat presidenpun, beliau tetap memuliakan para petani.

Sewaktu kecil, Soeharto sering diejek teman-temannya dengan sebutan "den bagus tahi mabul (tahi kering)".

Semasa sekolah dulu, Soeharto sering sekali berpindah-pindah sekolah. Ia sering dititipkan oleh bibi dan pamannya. Menurut ayah Soeharto, Pak Kertosudiro, jika Soeharto terus tinggal di desa, ia tidak akan menjadi orang. Hal ini memang benar adanya. Setelah dipindahkan di Wuryantoro, Soeharto mendapat pendidikan yang lebih baik.

Bakal panjang sih kalau gue ceritain masa kecilnya Pak Soeharto. Tapi cerita-cerita beliau di buku ini sangat-sangat interesting. Bikin gue ketagihan bacanya. Gue aja nggak nyangka, orang kaya gue (yang paling males bahas sejarah) bisa larut dalam halaman demi halaman buku ini. Apalagi saat membahas bagaimana Soeharto mendapat jodoh. Mau tau gimana?

Beda sama Pak Habibi yang memutuskan jodohnya sendiri, Pak Soeharto malah dijodohin. Saat itu beliau berumur 26 tahun. Keluargalah yang mendesak Soeharto untuk cepat-cepat menikah. Awalnya Pak Soeharto tidak terlalu tertarik untuk menikah, apalagi masih banyak urusan kemiliteran yang harus ia kerjakan.

"Alhasil, perkawinan kami tidak didahului dengan cinta-cintaan seperti yang dialami oleh anak muda di tahun delapan puluhan sekarang ini. Kami berpegangan pada pepatah, "witting tresna jalaran saka kulina". Datangnya cinta karena bergaul dari dekat."

Walaupun dijodohin, tapi akhirnya pernikahan Soeharto dengan Siti Hartinah langgeng sepanjang masa. Keren ya :D

Ada yang pernah dengar gak tentang pembunuh bayaran? Sooeharto tidak mengiyakan, namun yang terjadi di masa pemerintahannya ia lakukan untuk menjaga kestabilan nasional, agar tidak muncul PKI-PKI berikutnya. Gue juga ngerti, kenapa banyak sastrawan yang ditangkap jaman itu. itu semata-mata sebagai tindakan atas segala jenis aksi yang tidak sejalur dengan Pancasila yang memungkinkan munculnya penghianatan dan masalah yang mengancam  keamanan negara.

Pembangunan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) juga didukung dari ide Soeharto dan istrinya. Mereka ingin membangun tempat rekreasi yang bisa dijadikan sebagai tempat hiburan dan pendidikan. Walaupun banyak yang beranggapan pembangunan TMII hanya sebagai manipulasi politik, tapi toh akhirnya itu semua gak benar. Malah pembangunan TMII menambah devisit negara.

Banyaaaaak banget yang gue dapat abis baca Otobigrafinya beliau. Dan terlalu banyak juga yang mesti gue bocorin tentang nih buku. Mulai dari bagaimana sistem kemiliteran Indonesia, politik, budaya masyarakat Jawa, nasihat, dan cerita-cerita hidup beliau yang sangat sederhana. Bagi yang penasaran, silahkan baca sendiri ya. Gue jamin seru deh. Apalagi ditambah foto-foto semasa hidup Soeharto. (Sebenarnya gue gak baca habis nih buku, karena hampir semuanya tentang politik. Dan.. gue benci politik. Haha.)

Walaupun mungkin banyak yang gak suka dengan Soeharto, tapi kita harus tetap menghargai dan mengakui kehebatan beliau dalam memimpin Indonesia ini. Tercapainya swasembada beras, pembangunan yang sangat cepat, pertumbuhan ekonomi yang cukup memuaskan, bahkan pernah didaulatnya Indonesia sebagai salah satu negara teraman di dunia. Dan kita harus berterimakasih kepada beliau atas jasa-jasanya yang telah mengharumkan nama bangsa :)

Sekian deh artikel tentang Mantan Presiden Indonesia 2, Pak Soeharto. Nasihat yang paling ngena selama baca nih buku adalah, mikul dhuwur mendhem jero. Seperti halnya Soeharto, kita juga wajib nih untuk menjunjung tinggi orang tua kita. Sebaliknya, apabila kita tahu ada kesalahan- kesalahan yang diperbuat oleh mereka, hendaknya kita tidak perlu mengungkit-ungkit. "Adalah kewajiban kita jua untuk berusaha menebus segala kekurangan dan kesalahan mereka itu, dan menjaga jangan sampai kita sendiri membuat kesalahan yang sama". By the way, Selamat hari lahirnya Pancasila :))